SOFTSKILL

MANAJEMEN UMUM

assalamualikum wr wb
saya akan menulis artikel
mengenai Konsep Manajemen
mohon bantuanya atas kritik dan saran.
terimakasih.

KONSEP MANAJEMEN
MANAGER dan MANAJERIAL

A. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Sebelum kita mengetahui pengertian Manajemen, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu masalah Fungsi dari Manajemen.
Fungsi manajemen ada bermacam-macam menurut tokoh-tokoh manajemen, antara lain :
  1. Menurut George R. Terry fungsi manajemen yaitu planning (perencanaan), organizing(pengorganisasian), actuating (menggerakkan), controling (Pengendalian) (1986).
  2. Menurut Henri Fanyol yang di kutip T. Hani Handoko, fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pemberian perintah dan pengawasan. (1997:21).
  3. Menurut Lutter Gulick yang di kutip oleh Suharsini Arikunto, fungsi manajemen adalah planning(perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (kepegawaian)directing (pengelolaan),coordinating (koordinasi), reporting (pelaporan) dan budgetting (rencana biaya). (Suharsini Arikunto, 1993:38)

B. Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan kumpulan dari 2 orang atau lebih yang saling bekerjasama untuk mencapai sebuah tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Di dalam manajemen terjadi peroses kegiatan seperti perencanaan, pengorgsnisasian, pemimpinan dan pengawasan.

  • Perencanaan: mencakup pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
  • Pengorganisasian; adalah menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana keputusan harus dibuat.
  • Kepemimpinan; meliputi kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan konflik.
  • Pengawasan; meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang ada.

B.1 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

  • Menurut James A. O’Brien “manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan suatu kegiatan”.
  • Menurut Richard L. Draft “ manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian/pengawasan sumberdaya organisasi”
  • Menurut henry L.Silk “manajemen adalah pengorganisasian seluruh sumberdaya melalui perencanaan, pengorganisasian, pemberian bimbingan dan pengendalian agar tercapai sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jadi dari para ahli manajemen diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pemberian bimbingan.

C. Tingkatan Manajemen dan Manajer.
Secara umum manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya. Seperi halnya manajemen dapat diketemukan disemua organisasi, manajer juga ada disetiap organisasi.
Dilihat dari tingakatan organisasi, manajemen dibagi dalam 3 tingkatan yaitu:

  •  Manajemen Puncak (Top Management)
    Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
  •  Manajemen Menengah (Middle Management)
    Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
  •  Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
    Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.

D. Keterampilan Manajer
Secara umum, terdapat empat keterampilan manajer pada masing-masing tingkat manajer:

  1.  Keterampilan konseptual
    Ketrampilan atau kemampuan mental untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.
  2.  Keterampilan Kemanusiaan
    Kemampuan untuk saling bekerja sana dengan memahami dan memotivasi orang lain.
  3. Keterampilan Administrasi
    Kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi manajemen yang dilakukan.
  4.  Keterampilan Teknik
    Kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur, dan metode dari suatu bidang tertentu.

E. Kmampuan (Skills) yang Harus Dimiliki Manajer (Atasan pemimpin) :

  1. Managerial skills (entrepreneurial), yaitu kemampuan untuk mempergunakan kesempatan secara efektif serta kecakapan untuk memimpin usaha-usaha yang penting.
  2.  Techological skills, yaitu keahlian khusus yang bersifat ekonomis teknis yang diperlukan pada pelaksanaan pekerjaan ekonomis.
  3.  Organisational skills, yaitu kecerdasan untuk mengatur berbagai usaha.

Sekian Artikel dari saya mengenai Konsep Manajemen
mohon maaf apabila ada kesalahan kata.
wassalammualiukm wr wb.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s