SOFTSKILL

KASUS PERUSAHAAN

Analisa kasus :

Pak Broto, adalah pendiri, direktur dan manajer umum dari semua operasi PT Sentosa sebuah pabrik mie di Karawang. Suatu waktu perusahan tersebut diambil alih oleh suatu perusahan raksasa dan di Karawang. Direogranisasi, dan pak broto diangkat sebagai direktur yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. Dia melakukan dengan berat hati karena dia selalu menglola perusahanya secara infomal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14jam sehari Pak Broto menyadari bahwa penjualan, laba menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahan. Ia konflik hubungan antar kepala departemen dan bermaksud memecat kepala departemen yang bermasalah dan menggantinya dengan yang baru. Masalahnya adalah bagaimana mereorganisasi PT Sentosa menjadi suatu perusahan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualan dan laba.
 
Pertanyaan :
1.     Menurut pendapat saudara, apakah dengan mengganti kepala departemen yang bermasalah akan mengurangi masalah dalam perusahaan? Jelaskan.
Jawab :
Menurut pendapat kami dengan mengganti kepala departemen yang bermasalah akan mengurangi masalah dalam perusahaan, karena dengan mengganti kepala departemen yang bermasalah dengan yang lebih prefesional akan membuat kinerja perusahaan itu menjadi lebih produktif dari pada sebelumnya. Dan pasti akan menimbulkan masalah baru, namun dengan cara pemilihan yang tepat permasalahan ini tidak akan berlangsung lama karena dengan cara pemilihan orang yang tepat kita bisa memberitahu apa yang harus mereka kerjakan tanpa harus melakukan kesalahan-kesalahan yang terlalu banyak, mengganti anggota baru pasti akan mendapatkan masalah, namun dengan orang yang tepat, kesalahan itu menjadi sangat kecil terjadi.
 
2.  Seandainya saudara adalah seorang kounsultan, perencanaan pengorganisasi seperti apa yang akan saudara usulkan? Jelaskan juga dengan gambar struktur organisasi.
Jawab : menurut kami perencanaan pengorganisasi fungsional cocok untuk sebuah perusahaan seperti kasus yang di atas
 
 

Image

3.    Menurut pendapat saudara gaya kepemimpinan apa yang cocok untuk perusahaan tersebut? Persyaratan-persyaratan apa saja yang diperlukan oleh seorang pemimpin yang baik sehingga perusahan dapat mencapai tujuan yg diinginkannya?
Jawab :
Menurut kami gaya kepemimpinan yang cocok untuk perusahaan tersebut yaitu pemimpin yang hebat dapat dengan berani menghadapi setiap tantangan atau situasi bermasalah, kemudian berusaha mengatasinya. Ketika bisnis mereka mengalami penurunan atau mengatur karyawan untuk bekerja, seseorang dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dan gaya kepemimpinan yang sederhana dan mau menerima masukan dn kritikan dari bawahannya, dalam memecahkan suatu ,asalah didalam perusahaan itu, diantaranya seorang pemimpin harus mempunyai akhlak baik jujur, sopan, kritis, dan mau membaur dengan siapapun tanpa memandang tingkat jabatannya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s