POSTINGAN MENARIK

4.2 Jenis – Jenis E-banking

E-banking pemanfaatan teknologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai media penghubung antara nasabah dan pihak bank yang bertujuan untuk menggantikan peran manusia dalam pelayan nasabah E-banking meliputi system yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk mengakses rekening melaakukan transaksi bisnis atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau public termasuk internet. Nasabah dapat mengakses e-banking mealui piranti elektronik seperti computer, PDA, ATM atau telepon.

Berikut jenis – jenis E-Banking :
1)      Automated Teller Machine (ATM)
Terminal elektronik yang disediakan lembaga keuangan untuk melakukan penarikan tunai dari rekening simpanannya di bank, melakukan setoran,pemindahan dana dan cek saldo.
2)      Computer Banking
Layanan bank yang bisa diakses nasabah lewat layanan internet kepusat data bank. bisa digunakan juga untuk membayar tagihan, dan lain-lain.
3)      Debit (or check) Card
Kartu yang digunakan pada ATM, yang memungkinkan pelanggan memperoleh dana yang langsung di debet atau diambil dari rekening banknya.
4)      Direct Deposit
Salah satu bentuk pembayaran sejumlah dana yang dilakukan lembaga atau instansi lewat transfer elektronik kepada setiap rekening nasabahnya.
5)      Direct Payment
Bentuk pembayaran yang mengizinkan nasabah untuk membayar tagihannya lewat transfer elektronik dimana dana tersebut di transfer dari rekening nasabah ke rekening kreditor.
6)      Electronic Bill Presentment adn Payment ( EBPP)
Bentuk pembayaran yang disampaikan kepada nasabah secara online, setelah disampaikan pelanggan juga boleh membayar tagihan tersebut secara online. secara elektronik saldo simpanan pelanggan akan langsung berkurang.
7)      Electronic Check Conversion
Proses konversi informasi yang tertuang dalam cek kedalam format elektronik agar dapat dilakukan pemindahan dana elektronik.
8)      Elektronic Fund Transfer (EFT)
Perpindahan “uang” atau “pinjaman” dari satu rekening ke rekening lainnya melalui media elektronik.
9)      Stored-Value Card
Kartu yang didalamnya terdapat sejumlah nilai moneter, yang diisi melalui pembayaran sebelumnya oleh pelanggan atau simpanan yang diberikan oleh perusahaan lain.
10)  Payroll Card
Salah satu tipe “Stored-Value Card” yang di terbitkan oleh pemberi kerja atau perusahaan sebagai pengganti cek yang memungkinkan pegawainya mengakses pembayarannya lewat ATM.
11)  Preauthorized Debit
Bentuk pembayaran yang megizinkan nasabahnya untuk melakukan pembayaran secara rutin otomatis yang diambil dari rekening banknya pada tanggal tertentu dan jumlah pembayaran tertentu. dana secara elektronik ditransfer dari rekening nasabah ke rekening kreditor.
12)  Prepaid Card
Salah satu tipe Stored-Value Card  yang menyimpan nilai monitor didalamnya dan sebelumnya pelanggan telah membayar nilai tersebut ke penerbit kartu.
13)  Smart Card
Salah satu tipe Stored-Value Card  yang didalamnya tertanam satu atau lebih chips atau microprocessors sehingga bisa menyimpan data,melakukan perhitungan. kartu ini juga bisa digunakan pada sistem terbuka contohnya untuk pembayaran transportasi publik atau sistem tertutup contohnya MasterCard atau VisaNetworks.

Sumber: http://erithya-chandra.blogspot.co.id/2013/07/51-jenis-jenis-e-banking_9550.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s